upah.co.id – YouTuber Pratiwi Noviyanthi mengunggah ulang sebuah video yang menyayat hati.

Dalam video, terlihat seorang pria yang merupakan Orang Dengan Gangguan Jiwa ( ODGJ ) tengah berjalan dengan telanjang kaki.

Kaki sebelah kiri ODGJ tersebut sangat besar, lebih besar dari kaki kanannya. Menurut keterangan dalam video, ODGJ itu terkena penyakit kaki gajah .

ODGJ tersebut tidak pernah mengganggu warga namun ia kerap mengamuk jika kakinya sedang terasa sakit. Ia juga suka tertidur di jalanan.

Pada keterangan video, Pratiwi Noviyanthi menyebut jika ODGJ tersebut bernama Warsan. Kaki Warsan sudah dipenuhi cacing Filaria yang menyebabkan penyakit kaki gajah .

YouTuber yang akrab disapa Novi ini menyebut jika penyakit ini dapat menular melalui gigitan nyamuk. Novi menjelaskan, pada mulanya Warsan depresi hingga tidur sembarangan.

Warsan pernah digigit nyamuk Chikungunya hingga kakinya membesar seperti kaki gajah . Tidak ada yang merawat Warsan lantaran orangtua nya sudah meninggal dunia.

Novi dan timnya telah membawa Warsan ke Rumah Sakit Jiwa ( RSJ ). Kata Novi, Warsan butuh perawatan untuk fisik dan mentalnya.

Walaupun tidak bisa sembuh total, Novi dan tim akan melakukan usaha dengan maksimal demi mengobati Warsan.

Para pengguna Instagram menuliskan komentar di unggahan Novi.

“Dan obat dari penyakit inipun belum ada sampai saat ini,” kata @vir***.

“Semoga Pak Warsan lekas membaik dan dapat pelayanan layak dan perlindungan yang layak dari orang-orang baik. Terima kasih The Novi dan tim semoga kalian sehat selalu,” kata @kml***.

“Kaki gajah bisa menular lewat gigitan nyamuk yang sebelumnya menggigit pasien kaki gajah . Jadi memang harus betul penanganannya,” tulis @ks_***.

Penyakit kaki gajah adalah penyakit infeksi yang bersifat menahun. Penyakit ini disebabkan oleh cacing filaria dan ditularkan oleh nyamuk.

Cacing filaria berada di saluran getah bening terutama daerah pangkal paha, ketiak, dan saluran getah bening besar lainnya.

Jika tidak mendapat pengobatan yang tepat, penyakit ini bisa menimbulkan cacat seumur hidup berupa pembesaran kaki, lengan, dan alat kelamin.

Selain itu, kaki gajah juga memberi dampak psikologis pada penderitanya.***