Lombok Timur

Aksi satpam memanjat tiang bendera saat pengibaran bendera Merah Putih pada HUT kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di Lapangan umum Arjanjang Keruak, Kecamatan Keruak, Kabupaten Lombok Timur viral di media sosial.

Satpam Puskesmas Keruak, Zulkarnaen (37), asal Dusun Buhlawang Barat, Desa Keruak rela panjat tiang bendera setinggi 10 meter karena tali bendera terlepas dari tangan petugas pengibar bendera Merah Putih pada Rabu (17/8/2022) pagi.

“Tali itu terlepas karena petugas (Paskibraka) mencoba memperbaiki bendera merah putih yang sempat terbalik pra pengibaran bendera,” kata Camat Keruak Ahmad Subhan melalui sambungan telepon, Rabu (17/8/2022) malam.



Menurut Subhan sebelum Zulkarnaen memanjat tiang bendera setinggi 10 meter itu, tiga petugas pengibar bendera keliru mengikat cantolan bendera.

“Jadi sempat yang putih di atas kan. Berusaha diperbaiki agar merahnya di atas. Tapi tali benderanya malah terlepas ke ujung tiang. Spontan si Zulkarnaen ini manjat,” kata Subhan.

Aksi Zulkarnaen ini pun sontak mendapatkan tepuk tangan dari seluruh peserta upacara. Baik dari Forkopimcam, Panitia HUT ke-77 Kemerdekaan RI tingkat Kecamatan dan jajaran TNI-Polri dan seluruh siswa-siswi di lokasi upacara.

Aksi itu dilakukan Zulkarnaen sebelum bendera Merah Putih dikibarkan. Rupanya kata Subhan, persiapan pengibaran bendera oleh petugas diduga salah mengikat posisi tali bendera sehingga terbalik.

“Pas naik tiang bendera sempat goyang itu tiangnya. Terus ambil talinya turun ikat lagi. Pengibaran bendera akhirnya bisa dilakukan seperti biasa,” katanya.

Menurut Subhan, aksi Zulkarnaen itu patut patut dicontoh. Meski tiang bendera terlihat kecil, Zulkarnaen dengan sigap bertindak naik perbaiki tali ke atas tiang.

“Aksi itu tanpa kita diperintah. Saya aja kaget kan. Kata Zulkarnaen itu dia lakukan karena dorongan hatinya selepas tadi bicara di kecamatan,” katanya.

Zulkarnaen pun lanjut Subhan diberikan hadiah uang dari pihak Kecamatan Keruak Lombok Timur karena berhasil memperbaiki tali bendera merah putih dengan memanjat tiang bendera sebesar Rp 770 ribu.

“Itu tidak seberapa nilainya. Tapi hadiah itu kita sesuaikan dengan HUT RI yang ke-77 kan. Mudah-mudahan itu bisa memberikan manfaat untuk Zulkarnaen. Kami pihak Kecamatan Keruak memberikan apresiasi tinggi dan penghargaan kepadanya,” pungkas Subhan.

Simak Video “Kepanikan Warga saat Lihat Mobil Terjun ke Jurang 20 Meter di Lombok
[Gambas:Video 20detik]
(kws/kws)

Artikel ini milik : www.detik.com.