upah.co.id – Viral video pemakaman seorang warga ketuturnan Tionghoa yang dihadiri oleh banyak warga di media sosial pada awal September 2022.

Dalam video viral terlihat sejumlah orang menghadiri pemakaman yang diduga pemakanan orang keturunan Tionghoa .

Tapi, satu hal yang cukup aneh adalah ritual yang dilakukan para warga saat pemakaman berlangsung.

Mereka menggunakan dupa dan ikut menyembah seperti aktivitas ibadah yang orang Tionghoa biasa lakukan.

Video viral ini diunggah oleh akun Instagram @fakta.indo pada Senin, 5 September 2022. Tak diketahui secara pasti di mana lokasi pengambilan video viral ini.

Dalam video tampak prosesi pemakaman dari seorang warga (diduga keturunan Tionghoa ) yang dihadiri banyak warga di dalam sebuah tenda.

Yang menarik adalah sejumlah warga yang ada termasuk bapak-bapak dan ibu-ibu ikut memegang dupa dan melakukan aktivitas ibadah seperti orang Tionghoa .

Mereka menggunakan dupa tersebut lalu mengangguk dan menurunkan kepalanya. Ironisnya, aktivitas tersebut dilakukan oleh sejumlah ibu-ibu yang terlihat jelas menggunakan kerudung.

Sontak video viral ini langsung mendapatkan komentar dari netizen-netizen yang menontonnya.

“Pentingnya belajar agama sedini mungkin,” kata akun @**zadelang.

“Salah eh salah eh,” ucap akun @**lexroseee_

“Menghomarti dan menghargai adalah memberikan haknya untuk melakukan yang diyakini. Tapi bukan mengikuti melakukan. Kalau mengikuti melakukan, itu lebih dari sekedar menghomarti dan menghargai tapi sudah menjalani keyakinan orang lain,” ujar akun @Y2_y*_.***