Wakil PM China: Ekonomi China bakal meningkat signifikan di 2023

upah.co.id – Perekonomian China akan mencatat peningkatan yang signifikan tahun ini dan pertumbuhannya kemungkinan besar akan kembali ke tren normalnya, demikian dikatakan Wakil Perdana Menteri (PM) China Liu He dalam Pertemuan Tahunan Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum/WEF) 2023, Selasa (17/1).

Dalam 10 tahun terakhir, menurut Liu, Produk Domestik Bruto (PDB) China tumbuh dari 54 triliun menjadi 121 triliun yuan (1 yuan = Rp2.237), rata-rata harapan hidup naik dari 74,8 menjadi 78,2 tahun, dan kontribusi terhadap pertumbuhan global mencapai sekitar 36 persen.

Lebih lanjut Wakil PM China itu menyebutkan ada lima hal yang senantiasa diingat China dalam menorehkan sejumlah pencapaian tersebut.

Kelima hal itu adalah, pertama China selalu menjadikan pembangunan ekonomi sebagai tugas utama dan sentral. Kedua, China selalu menjadikan pembangunan ekonomi pasar sosialis sebagai arah reformasinya.

Ketiga, kata Liu, China selalu mempromosikan keterbukaan secara menyeluruh, dan hal keempat adalah China harus selalu menjunjung tinggi supremasi hukum.

Hal terakhir yang senantiasa diingat China, menurut Liu, China harus mengejar pembangunan yang didorong oleh inovasi.

Lima poin tersebut, menurut Liu, adalah pengalaman penting yang telah dipelajari dan diperoleh China sejak memulai reformasi dan keterbukaannya.

Liu menjanjikan bahwa negaranya akan berpegang teguh pada poin-poin tersebut dan tidak pernah goyah dalam komitmennya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!