upah.co.id – Microsoft minggu kemarin memang telah memberikan pembaruan mingguan untuk pengguna Insider Program, yang mana versi Insider Dev mendapatkan dukungan fitur yang lebih banyak. Ternyata ada fitur baru yang mana dihadirkan oleh Microsoft.

Pembaruan Insider Dev Channel kemarin memang banyak menghadirkan dukungan fitur, di mana salah satunya fitur Snap Layout baru di Windows 11, juga fitur System Tray yang kini menghadirkan tampilan detik. Tak kalah menarik, sistem Windows 11 juga diberikan kemampuan untuk membuat VD atau Virtual Disk melalui laman Settings.

Fitur yang satu ini mungkin memang kurang mendapatkan sorotan, di mana telah hadir fitur Keyboard Shortcut atau Default Keybout Layout yang sekarang telah tersedia di laman Settings. Tetapi, fitur ini tidak hadir secara otomatis melalui pembaruan melainkan harus diaktifkan melalui ViveTool.

Keyboard Layout

Gambar di atas menunjukkan bahwa pengguna Insider Dev 25300 kini bisa dengan mudah menambahkan Keyboard Layout dengan mengaksesnya melalui laman Settings. Maka dari itu, dengan ini pengaturan yang diakses sebelumnya melalui Control Panel kini sudah tidak perlu, karena aksesnya jauh lebih mudah melalui laman Settings.

Fitur ini memang baru hadir di Windows 11 Insider Dev Channel Build 25300, di mana kemungkinan Microsoft memang sedang memperluas fitur yang sama di versi lainnya seperti Beta Channel dan juga Windows 11 Stable.

Untuk Anda pengguna Windows 11 Insider Dev, jika ingin menggunakan fitur ini maka bisa langsung mengaktifkannya melalui ViveTool, lebih lengkap simak langkah-langkahnya di bawah ini:

    Buka Command Prompt.

    Jalankan sebagai Administrator.

    Masukkan perintah ini; vivetool/enable/id:34912776.

    Kemudian tutup.

Setelahnya, Anda bisa mengakses akses Keyboard Layout ini di Settings, Time & Language kemudian pilih Keyboard, nantinya akan muncul seperti gambar di bawah ini:

Akses lebih mudah untuk mengakses Keyboard Layout ini telah diberikan oleh Microsoft, di mana setelah diaktifkan melalui ViveTool maka Anda hanya perlu menekan kombinasi Win + Spacebar yang mana kemudian akan beralih antar Layout.

Bagaimana menurut Anda? Cukup menarik bukan? Tentunya Microsoft akan merilis fitur ini di semua versi Windows yang mereka kembangkan.

    Download berbagai jenis aplikasi terbaru, mulai dari aplikasi windows, android, driver dan sistem operasi secara gratis hanya di Nesabamedia.com:

    Download Software Windows

    Download Aplikasi Android

    Download Driver Printer

    Download Sistem Operasi

    Hudalil Mustakim, lebih akrab dipanggil Alil. Saya seorang Content Writer yang cukup lama bergelut dalam bidang ini, saya menyukai hal baru khususnya dalam menulis berbagai macam gaya penulisan artikel yang bervariasi.